Sebagai tindak lanjut dari tahapan pelaksanaan program TKP2KDes dan pengembangan SID di Kabupaten Kebumen, Pemerintah Desa Joho Kecamatan Adimulyo bekerjasama dengan Formasi Kebumen dan Combine Resource Institution (CRI) Jogjakarta mengadakan sosialisasi tentang SID dan TKP2KDes kepada lembaga desa dan warga masyarakat desa Joho. Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Selasa, 26 Maret 2014 di Balai Desa Joho Kecamatan Adimulyo, Kebumen dihadiri oleh sedikitnya 40 orang peserta yang terdiri dari unsur perangkat desa, lembaga desa, tokoh agama dan warga masyarakat.

Dalam paparannya tentang Kebijakan Desa terkait dengan Penanggulangan Kemiskinan, Suyudi (Kepala Desa Joho) menyampaikan bahwa, “banyak program penanggulangan kemiskinan yang telah digelontorkan oleh pemerintah kepada masyarakat, tetapi masih banyak yang tidak tepat sasaran dan target capaiannya belum imbang dengan besaran dana yang dikeluarkan”. Mengapa demikian? Salahsatunya adalah data yang ada masih berbeda-beda antara dinas yang satu dengan yang lain. Disisi lain data yang digunakan masih menggunakan data dari BPS yang update datanya 4 tahun sekali.
“Saya menyambut baik dengan dibentuknya TKP2KDes (Tim Koordinasi Percepatan Penanggulangan Kemiskinan Desa) dan SID (Sistem Informasi Desa), dengan harapan data kemiskinan bisa terakomodir dan valid serta program kemiskinan bisa terkoordinasikan”.
 
Terkait dengan SID, Irman Ariadi (CRI) menjelaskan bahwa manfaat dari SID adalah membantu desa terkait dengan validitas dan update data, mempermudah dan mempercepat proses pelayanan kepada masyarakat. Juga sebagai media untuk mempromosikan potensi dan kegiatan yang dilaksanakan desa. Sedangkan tentang TKP2KDes dipaparkan oleh Muhtar Syaiful Anam (Formasi) yang lebih menekankan pada alur pencacahan/pendataan penduduk miskin.
 
Diakhir sosialisasi dibentuk Timpendataan penduduk miskin Desa Joho yang terdiri dari 15 orang, yaitu: Kuwatini  (Operator SID), Sarono, Ahmad Samsudin, Wariyanti, S. Parno, Amir Ari Wibowo, Sahudin,  (TKP2KDes), Sono, Wartono, Sugiman,  unsur BPD dan Parjono, Tri Wasito, Saryono dari unsur Perangkat Desa.
“Kerjasama yang baik antara Pemerintah Desa, Tim Pencacah dan warga masyarakat menjadi kunci keberhasilan dalam pelaksanaan program TKP2KDes dan SID”, pesan Suyudi (Kepala Desa joho) dalam menutup acara sosialisasi.

Ditulis Oleh :Kuwatin
Pada : 02 Mei 2014 12:57:23 WIB

Komentar Artikel Terkait

Post Komentar :


Nama
Alamat Email
Komentar